Selasa, 13 April 2010

Ujian Praktek

Akhirnya. Bisa ngupdate blog juga. Baru sembuh niih. Belum sembuh banget sih sebenernya.
‘Lagi sakit?’
‘Iya.’
‘Sakit apa?’
‘Gatau tuh, aneh gitu sakitnya.’
Dialog itu yang dari kemaren muncul. Tapi alhamdulillah, sekarang udah mendingan nih badan. Udah ngga kayak beberapa hari yang lalu. Tenggorokan sakit, kepala pusing, badan tibatiba panas. Ngga ngenakin banget dah pokoknya. Sampe-sampe ngga bisa dateng ke acara ulang taun adek kelas. Tapi gapapa deng. Daripada dateng trus dicuekin. Ga tambah ga asik.

Loh, cerita yang melenceng dari judul. Well, mau cerita tentang uprak aja dehh.
Hari ini udah hari kedua uprak di SMA ku.

Kemaren,
BIOLOGI. And you know, aku musti ngerjaen percobaan INGENHOUSE! Apaan tuh? Aku yang udah praktek aja ngga ngerti ko. Trus kemaren gimana? Enjoy aja. Kerjain semampunya. Hehhee. Habisnya sebelum masuk buat uprak BIOLOGI, temen-temenku bawaannya PANIK. *kalo aku sih bawaannya tas* Emosi aku. Gimana ngga? Malem hari sebelum uprak BIOLOGI, I’m sick! Huhuu. Ga sempet belajar deh. Untung ajee sore hari, waktu sakitku belum tambah parah, aku sempet baca-baca materi.

Dan pagi harinya, beberapa menit sebelum masuk ruangan, aku baca-baca lagi materi buat uprak. Waktu lagi asik-asiknya baca, sambil nahan sakit tenggorokan yang lagi rewel, temenku dateng ke arahku. Trus tanya tentang materi. Oke lah kalo dia tanya dengan nada yang biasa aja. Lah ini, dia datengnya grasa-grusu (baca: keburu-buru), tanyanya juga ga sabaran. Emosi deh. Berhubung lagi sakit, diem aja deh. Huuuh >,< Sampe akhirnya aku bilang ke temenku, “Mbok yoo nyante. Don’t be panic. Kalo kamu PANIK, semuanya bakalan ikut PANIK. Kan kasian yang lain.” Dan bener banget apa yang aku bilang, karena ada satu yang PANIK, beberapa temenku yang lain ikutan PANIK. Hwoooo. Kantemi sisan (baca: pukul sekalian)! Akhirnya, dengan gaya cool saya, tangan dilipet di dada, aku jawab semua pertanyaan yang mereka ga ngerti. Dan komentar mereka, “Beeuuhh. Cool amat lu!” Dan dalem hati aku bilang, ‘Cool dari hongkong. Pusing gue ngeliatin kalian PANIK!’

Hmm. Setelah kePANIKan di luar ruangan selesai, karena musti masuk ke ruangan, kePANIKan pun pindah di dalem ruangan. OMG! Jelas-jelas judulnya ujian, pastinya ga boleh yang namanya tanya-tanya. Dan temen ku yang bawa PANIK itu mulai nanya ke aku materinya dia. Giliran aku mau jawab, pak guru yang ngawasin aku mendadak ngeliat ke arahku. Dan batinku berkata, ‘Mampus lo! Diem. Ga usah jawab kalo ada yang nanya!’ Hwaaseeemmm. Praktek pun masih berlanjut.

Di praktek BIOLOGI yang kedua, aku dapet percobaan INGENHOUSE. Yap! Saya tidak tahu materi itu sama sekali. Untung aja ada anak kelas lain yang satu ruangan yang juga dapet materi INGENHOUSE. Kerjasama deh kita. Hahaa :D Aku bener-bener kerjain itu semampuku. Tanpa PANIK juga pastinya. Begitu lagi nulis laporan, kePANIKan muncul lagi! Asli seber banget gue sama yang namanya PANIK. Nongol mulu dimana-mana. Temen sebelahku, ga ngerti juga materi dia kek gimana. Sama lah kek aku. Tapi dia PANIK. Jadi beda sama aku. Dan aku tiba-tiba lupa semua materi BIOLOGI yang udah ku baca sekilas dan sedikit. Cuma satu yang gue inget. GAMBAR dari percobaan INGEHOUSE itu sendiri. *lagi-lagi INGENHOUSE* Dan akhirnya, Jeng jeng, selesai laporan gue. Yang berarti selesai juga percobaan BIOLOGI hari itu. Dan sekali lagi saya kecamkan, SAYA TIDAK SUKA KEPANIKAN!

Hari kedua *tadi*
TIK. Hmm, berhubung TIK, jadi rada nyante. Malemnya justru aku persiapan uprak PERANCIS sama si Oktavian Wahyu Wibowo (sahabat saya). Dan tadi, alhamdulillah wa syukurillah. Makasih Ya Rabb hanya satu kali kePANIKan yang terjadi hari ini. *eh ngga deng lebih banget* Tapi mendingan daripada kemaren. Dan kejadiannya langsung terjadi di dalem ruangan uprak.

Tadi, aku berangkat lebih siang dari kemaren. Sengaja banget, aku ga langsung ke labkom. Takut sendirian di sana. Jadi mampir dulu deh di ruangan uprak B. INDONESIA, di mana ada teman saya di sana. Setelah ngobrolin ini itu tentang materi uprak TIK sama B. INDONESIA, akhirnya aku ke labkom. Dan sampe sana, aku ngeliatin anak kelas lain yang seruangan sama aku, lagi ngebaca kisi-kisi uprak. Langsung numpang nimbrung deh akunya. Hihii. Baru baca bentar, uda disuruh masuk aja ke dalem ruangan. Ga lupa, baca Q.S. Al-Insyirah terus masuk pake kaki kanan. *Itu yang gue lakuin selama ujian*

Sampe di dalem, langsung capcus ambil soal dan mulai ngerjaen. Waktu lagi mulai ngerjaen, pak guru pengawas keliling buat ngabsen. *kata temen gue, ngabsen aja udah dapet nilai 7. percaya?* Nah, waktu aku lagi tandatangan di kertas daftar hadir, temenku dengan enaknya tanya ke pak guru, “Pak, cara munculin garis itu gimana ya?” *sambil nunjuk monitorku. Text boundaries di Ms. Word yang dia maksud* Dan guru itu jawab dengan enaknya juga, “Loh. Ini kan ujian. Kok tanya? Coba sendiri dong.” Dan dengan enaknya lagi, temenku tanya ke aku, “Itu munculinnya gimana?” Daaannn, saya pun menjawab dengan pedasnya, “Psstt. Nanti yaa!” Gimana ga jawab dengan pedas, dia tanya dalam keadaan pak guru masih ada di belakangku. Dan aku nyimpulin, DIA PANIK. Sebeelll. KePANIKannya makin menjadi-jadi waktu dia tau ternyata Ms. Word dia RUSAKK. Poor you. Aku pengen banget bantu. Tapi apa daya, ini kan ujian. UJIAN, hey. Aku pun cuma bisa diem, konsen ngerjaen punyaku sendiri yang aku pun agak-agak lupa materi yang aku kerjaen.

Kurang seperempat jam lagi waktunya abis. Alhamdulillah, aku udah selesai. Yap! Keempat tugas yang musti dikerjaen di Ms. Word, Ms. Excel, Ms. Power Point sama PhotoShop udah ku selesein dalam waktu 105 menit. Waktu aku lagi leha-leha, lagi-lagi, temenku (udah beda orang lagi) PANIK! Dia Tanya cara ngerjaen Ms. Excel pake rumus HLOOKUP sama VLOOKUP. Dan giliran aku mau jawab, lagi-lagi, aku diliatin ama pak guru pengawas. Huhuuu. Yaudah lah, diem aja gue. Begitu waktu udah bener-bener abis, langsung capcus keluar aja deh. Ga tega liatin temen-temen. Maaf yaa.

*eh, eh, kok meja komputerku banyak semutnyaaa??*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar