Sabtu, 25 Juni 2011

Mengajar dan Bermain

Ini semua berawal dari ikutan diklat calon panitia buat acara pengenalan kampus. Di hari terakhir diklat, kita dikasih tugas besar. Dan akhirnya, kelompok kita memilih untuk 'mengajar dan bermain bersama'. Tempat yang kami pilih ada di deket kost aku.

Sabtu, 25 Juni 2011, jam empat sore kami ngumpul di depan kampus. sambil nunggu yang lain dateng, kita ngobrol macem-macem. dan ternyata, diliat dari depan kampus, kampus keliatan waaaah banget. bentuk bangunannya khas. simetris antara kanan dan kiri. bebatuan juga ada di dinding-dindingnya. ga salah pilih kampus kok.

setelah nunggu hampir sejam, kita langsung aja nih pergi ke tempat tujuan. kita jalan kaki sekitar 15 menit dari kampus. sampai di tempatnya, aku lumayan kaget. ternyata udah banyak anak-anak yang berkumpul di depan masjid, tempat kita bakal bermain dan mengajar. tapi, aku salah kira nih. ternyata mereka emang lagi main-main di sekitar situ. hmmm. lumayan susah juga buat ngajakin anak-anak sekitar situ buat belajar bareng. akhirnya kita cuma ajakin main bareng aja di dalem masjid.

kesadaran anak-anak buat belajar ternyata masih kurang banget. miris banget kalo kebiasan ini mereka bawa sampe gede. kesopanan juga masih kurang ternyata. ada nih satu anak yang tiba-tiba dia ngomong, "kakak, invite pin bb aku yah" waktu ngeliat salah satu dari kami yang pegang smartphone itu. yaa, anak jaman sekarang nampaknya tidak lebih baik dari jaman dulu. jaman bapak ibu saya, atau mungkin jaman eyang-eyang saya, sepertinya lebih terdidik *walaupun bukan dari segi akademiknya.
saking gemesnya ga ada yang mau belajar bareng, akhirnya aku berdiri di pintu dan ngajakin ke anak-anak yang ada disitu. "ayo dek belajar bareng yuk sama kakak-kakak disini" "ih gamau kakak, maunya main aja. kalo belajar mah gamau" "loh, kenapa? belajar kan biar jadi pinter. yaudah deh yok kalo gitu kita main aja. yok masuk yok" "iya kakak, gamau belajar. ini kan liburan jadi ya ga boleh belajar"
oke, satu hal yang saya tangkep. liburan ga boleh belajar.

ya, beberapa menit kemudian, satu per satu anak-anak masuk ke masjid buat bermain bersama. macem-macem banget. ada yang naik kelas 2 SD, ada yang masih TK. ada yang malu-malu, ada juga yang hiperaktif. mulai deh kita main barengnya dengan diawali melipat kertas. berasa balik ke jaman SD. sampai akhirnya adzan Maghrib berkumandang. kita shalat Maghrib berjamaah. yang satu ini juga ngingetin banget sama masjid di deket rumah. agak kaget waktu habis sholat dicolek anak kecil di sebelah aku. ternyata dia ngajakin salaman sehabis sholat. ga cuma ngajakin salaman, dia juga ngajakin buat ngaji. agak kaget sih, tapi ayo ayo aja deh aku ladenin. akhirnya, buat adek-adek yang perempuan baca al-quran bareng aku. ini nih yang bikin aku seneng banget. kita semua melakukan apapun juga harus diimbangi dengan mendekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa. ya semoga aja saya dan adek-adek manis tadi bakal rajin baca al-quran sampe akhir hayatnya nanti. amin

selesai belajar dan baca al-quran, kita sholat Isya berjamaah. selesai sholat adek-adek manis tadi pulang dengan wajah yang berbinar.

yaa, semoga aja apa yang kita kasih tadi ga sia-sia. ga hanya ngisi sabtu sore mereka dengan main-main tapi juga ada lah seenggaknya yang bisa mereka pelajari. kemauan ini makin berteriak keras. makin menarikku untuk segera melakukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar